Jangan Banyak Makan Keripik & Gorengan Agar Tak Kena Kanker Kolorektal

Jakarta, Jangan asal memilih makanan yang enak untuk dijadikan camilan sehari-hari, tetapi perhatikan juga apakah makanan tersebut sehat atau tidak. Camilan yang tidak sehat telah dikaitkan dengan pertumbuhan polip pada usus besar dan meningkatkan risiko kanker kolorektal.


Kanker kolorektal adalah jenis kanker yang menyerang usus besar (kolon) dan anus (rektum). Para ahli memperkirakan bahwa sekitar tiga dari setiap 100 kasus kanker kolorektal disebabkan oleh sindrom Lynch, yaitu kondisi warisan keluarga yang meningkatkan risiko kanker usus besar dan kanker lainnya.

Sindrom ini mempengaruhi hingga satu dari 660 orang di seluruh dunia. Tetapi para ilmuwan menemukan bahwa kanker kolorektal tidak hanya dipengaruhi oleh sindrom Lynch saja, tetapi mungkin konsumsi makanan yang tidak sehat dapat berpengaruh.

Jika ada riwayat penyakit kanker dalam keluarga seperti kanker ovarium, kanker ginjal, kanker perut, kanker usus kecil, dan kanker hati, mungkin turunan keluarga tersebut dapat mengembangkan sindrom Lynch yang memiliki pola pewarisan autosomal yang dominan.

Artinya jika satu orangtua membawa satu gen yang bermutasi akibat sindrom Lynch maka mutasi itu bisa berpindah ke anak-anaknya dengan peluang sebesar 50 persen. Sehingga risiko kanker pada keturunannya cukup besar.

Sebuah penelitian baru yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer yang diterbitkan oleh American Cancer Society, melihat bahwa makanan dapat menjadi faktor risiko untuk kanker kolorektal pada pasien dengan sindrom Lynch.

Para peneliti dari Wageningen University di Belanda yang dipimpin oleh Akke Botma, PhD, MSc, menemukan bahwa risiko kanker kolorektal lebih tinggi pada orang dengan sindrom Lynch yang gemar makan camilan yang tidak sehat.

"Pasien dengan sindrom Lynch yang mengonsumsi lebih banyak makanan ringan seperti keripik atau gorengan, dua kali lebih mungkin mengembangkan polip yang dapat berkembang menjadi kanker dibanding orang yang hanya mengonsumsi sejumlah kecil makanan ringan tersebut," kata Botma, seperti dilansir mnn, Rabu (19/12/2012).

Sebelum penelitian ini, para peneliti juga telah menemukan bahwa merokok dan obesitas juga dapat meningkatkan kesempatan mengembangkan tumor kolorektal pada orang dengan sindrom Lynch.

Sehingga alangkah baiknya jika semua orang, baik yang berisiko tinggi terhadap kanker maupun tidak, untuk mengadopsi gaya hidup sehat, termasuk mengurangi makan camilan yang tidak sehat. Untuk mencegah kanker kolorektal sejak dini, sebaiknya perlu banyak mengonsumsi sayur, buah-buahan, ikan dan banyak berolahraga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

share